Jumat, 07 April 2017

Taman Nasional Meru Betiri, Surganya Flora dan Fauna Jatim

Interior of Modern Bedroom with Bed
Taman Nasional Meru Betiri, Surganya Flora dan Fauna Jatim

Lihat.co.id – Bicara tentang wisata yang berda di Jember memang tidak akan pernah ada habis-habisnya. Salah satunya adalah Taman Nasional Meru Betiri yang menjadi favorit di kalangan para pengunjung yang berkunjung ke sana. Baik dari segi panorama alamnya maupun dari isi yang ada didalamnya.

Pengunjung yang datang ke Taman Nasional Meru Betiri tersebut mulai dari pengunjung dalam Kota Jember sendiri hingga pengunjung yang berasal dari luar kota. Bahkan juga ada pengunjung dari luar negeri yang singgah ke Taman Nasional Meru Betiri. Nuansa alami yang masih asri seakan menjadikan refresing Anda semakin sempurna ketika berkunjung ke Taman Nasional di Jawa Timur tersebut.

Taman Nasional Meru Betiri Jember

Banyak jenis flora dan fauna yang dapat Anda kenali di Taman Nasional Meru Betiri untuk menambah keluasan pengetahuan Anda tentang alam. Kondisi lokasinya yang berbukit bukit seakan-akan menjadikan tantangan untuk Anda yang berkunjung kesana. Ditam bah juga ekosistem yang bermacam-macam juga tersedia di sana. Mulai dari ekosistem pantai, payau, rawa, hutan tropik, daerah sedang, dan ekosistem yang lainnya. Sehingga tidak heran apanila tempatnya sangatlah luas sekali.

Lokasi dan Akses ke Taman Nasional Meru Betiri

Bicara tentang lokasi Taman Nasional Meru Betiri sangat penting untuk Anda ketahui, guna ketika Anda ingin berkunjung ke sana. Lokasi tepatnya Taman Nasional Meru Betiri terletak di perbatasan anatara kabupaten banyuwangi dan kabupaten jember. Akan tetapi taman tersebut masih masuk di daerah lokasi kabupaten Jember. Secara kondisi tempatnya taman tersebut berada di ketinggian antara 0 hingga 1.200 m di atas permukaan laut. Kemudian jika secara peta lokais tersebut terletak diantara 8°22’16” – 8°32’05” LS dan 113°37’51” – 113°57’06” BT.

Taman Nasional Meru Betiri Jawa

Ketika Anda kesana silahkan untuk memilih jalur yang mana tergantung dari arah mana Anda datangnya. Apabila Anda datang dari jember berarti Anda memulainya dari jember menuju ke daerah Ambulu. Kemudian dialnjutkan ke curahnongko selanjutnya menuju ke Bandealit. Waktu yang akan Anda tempuh sekitar kurang lebih 64 km, maka sampailah Anda di tempat tujuan. Untuk waktu yang Anda butuhkan dari pusat kota jember sekitar 1,5 jam saja. Kemudian apabila Anda berangkat dari Jember pusat kota maka akan menempuh jarak sekitar 103 dengan waktu kurang lebih sekitar 3,5 hingga 4 jam perjalanan.

Jika anda masih kebingungan, anda bisa mengikuti peta lokasi Taman Nasional Meru Betiri di bawah ini.

Flora dan Fauna Taman Nasional Meru Betiri

Sebagai taman nasional yang banyak di kunjungi pengunjung juga sebagai tempat perlindungan mahlukh hidup. Taman tersebut telah memiliki banyak jenis flora dan fauna yang menarik dan langka-langka. Diantara habitat tumbuhan langka di taman tersebut diantatarnya adalah bunga raflesia, beberapa tumbuhan bakau, api-api, waru, nyamplung, rengas, bungur, pulai, bendo, dan beberapa jenis tumbuhan obat-obatan yang lainnya. Tanaman-tanaman tersebut di rawat dan di lindungi oleh pengelola yaitu khususnya pemerintah.

Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur

Kemudia dari segi hewan-hewannyapun juga banyak sekali yang langka-langka. Di taman tersebut memiliki jenis satwa lindung sebanyak 29 jenis mamalia, 180 jenis unggas atau burung. Diantara habitat yang langka yang pernah hidup diasana adalah harimau loreng Jawa yang sangat langka sekali dan di lindungi. Bahakan hingga saat ini satwa tersebut belum bisa di jumpai keberadaannya, dan telah di nyatakan telah punah. Kemidian juga ada habitat yang lainnya seperti habitat penyu blmbing, penyu sisik, penyu hijau, dan penyu ridel atau lekang.

Fasilitas Taman Nasional Meru Betiri

Jika Anda kesana banyak fasiltas yang dapat Anda manfaatkan selain berupa fasilitas alamnya. Diantaranya fasilitas untuk taman bermain anak-anak seperti ayunan dan yang lainnya di sana tersedia. Kemudian fasilitas penunjang seperti adanya tempat parkir yang sangat luas. Yang mana tempat perkit tersebut dapat atau mampu untuk menampung kendaraan pengunjung yang datang. Bak kendaraan roda empat maupun roda duanya.

Taman Nasional Meru Betiri indonesia

Ditambah juga fasilitas untuk penginapan juga tersedia di daerah sana. Penginapannyapun terkesan unik ada yang di pampang atau di panggung yang terbuat dari kayu. Penginapan tersebut dapat Anda manfaatkan ketika telah kemaleman berkunjung kesana atau memang sengaja untuk menginap di sana. Kemudian fasilitas untuk tempat ibadahpun bagi yang beragama Islam juga tersedia disana. Diatambah yang terakhir kamar mandi dan kamar kecil juga telah di sediakan.

Lihat Juga: Pantai Payangan, Pantai Indah di Kabupaten Jember

Maka dari itu jangan ragu lagi untuk berkunjung ketaman Nasianal tersebut. Selamat berkunjung dan semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih. Anda juga bisa melihat berbagai tempat wisata di Kabupaten Jember.

The post Taman Nasional Meru Betiri, Surganya Flora dan Fauna Jatim appeared first on Lihat.co.id.


sumber : http://www.lihat.co.id/wisata/taman-nasional-meru-betiri.html